Kamis, 24 Juni 2010

Daun Kelor Penangkal Ilmu Hitam?

Pernahkah anda menyaksikan adanya semacam ketakutan “global” pada masyarakat atas berbagai isu tentang ILMU HITAM ? Yah, dengan kondisi budaya masyarakat Indonesia sepertinya hal itu dapat kita maklumi.

Kali ini Didi akan menampilkan sekelumit kisah yang benar-benar pernah terjadi di Bangka Belitung sekitar medio tahun 1980-an. Cerita unik ini bermula dari munculnya isu-isu tentang kemunculan orang-orang yang disinyalir menganut ilmu hitam.

Ada yang mengatakan semacam Vampir/Drakula, Manusia setengah siluman (DIWO, bahasa bangka) dan lain-lain sebagainya. Dan hal ini terjadi hampir diseluruh pelosok Bangka Belitung waktu itu. Masyarakat pun heboh dan terjadilah kepanikan tersendiri yang beredar luas.

Hampir disetiap desa terdapat cerita-cerita yang unik dan menakutkan. Katanya ada yang pernah melihat siluman bergentayangan, mahluk jejadian yang aneh dan berkeliaran, rumah warga yang banyak kecurian dan sampai-sampai warga yang meninggal pada masa itu juga banyak yang dikaitkan dengan kejadian tersebut.

Didi yang waktu itu masih sekolah SD masih ingat akan adanya informasi yang beredar, bahwa DAUN KELOR sangat ampuh guna menangkal ILMU HITAM dan sejenisnya. Jadilah DAUN KELOR begitu dicari-cari oleh masyarakat. Katanya dengan memasang beberapa tangkai DAUN KELOR di atas pintu rumah dan kamar akan menangkal pelaku ilmu hitam untuk masuk ke rumah dan berbuat jahat pada anggota keluarga.

Selain itu, bambu kuning juga disebutkan sebagai salah satu penangkal yang baik dan juga dicari-cari orang. Tidak cuma anak-anak dan remaja yang berburu DAUN KELOR, bahkan para orang tua pria dan wanita juga sangat antusias. Hahaha….,Kalo ingat masa-masa itu jadi lucu juga. Koq bisa-bisanya …...

Didi juga waktu itu bersama teman-teman berburu DAUN KELOR. Banyak tempat yang dikunjungi guna mengambil beberapa tangkai daun kelor, jadinya tempat-tempat yang ada pohon Daun Kelor menjadi primadona.

Semua tidak ketinggalan berburu daun kelor, hingga hampir diseluruh rumah masyarakat pasti ada daun kelor yang dipasang diatas pintu rumahnya. Bahkan menurut teman Didi waktu itu, DAUN KELOR juga dijual di pasar-pasar dan berbagai tempat sebagai penangkal ilmu hitam dan mahluk halus.

Bahkan ada kejadian yang lebih UNIK lagi, hal ini katanya terjadi di Pangkalpinang, Ibukota Provinsi Bangka Belitung sekarang. Berkaitan masa-masa HEBOH DAUN KELOR itu, ada teman Didi yang mengatakan kalo ternyata para remaja cewek waktu itu selalu menggunakan DAUN KELOR sebagai penangkal.

Katanya guna menjaga cewek–cewek waktu itu yang masih perawan dari kejahatan penganut ilmu hitam, maka mesti menggunakan DAUN KELOR. Bahkan ada semacam cara tersendiri yang lebih menggelikan, DAUN KELOR MESTI disimpan dalam (maaf) celana dalamnya pada saat mau tidur (malam). Sehingga sempat didi bayangkan apa jadinya daun kelor itu keesokan harinya. Wakakakak …, bisa-bisa si DAUN KELOR itu meresap dalam tubuh si cewek tuh !

Ada-ada aja, yang jelas kalo kamu tanya sama orang Bangka Belitung waktu itu mungkin banyak yang tau dan mengerti cerita ini. Yakin deh … , pokoknya masa-masa itu saat disekolah dan dimana-mana DAUN KELOR jadi PRIMADONA .

So, gak ada salahnya toh kalo kamu mulai sekarang juga menanam Pohon Daun Kelor. [Sumber : Web Dukon Besar].

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar